Friday, January 27, 2012

Waspadai Bahaya Penyakit di Musim Hujan dengan PHBS

Tahun baru Imlek selalu identik dengan musim hujan, entah dari mana asalnya apakah memang ada pengaruhnya atau tidak yang jelas dimusim hujan banyak sekali penyakit-penyakit yang bila kita tidak waspada maka akan menyerang tubuh kita.

Bagi orang-orang tertentu, musim hujan bisa menjadi berkah dan bagi sebagian lainnya musim hujan justru menjadi masalah. Terlebih didaerah-daerah rawan banjir, musim hujan mungkin musim “suram” bagi kehidupan mereka. Selain karena rumah tergenang air, ditambah lagi berbagai penyakit musim hujan siap mengancam kesehatan.

Lalu apa saja penyakit yang biasanya muncul dimusim hujan dan perlu kita waspadai? Menurut Tjandra Yoga Aditama dari Dirjen Pengendalian dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan, seperti dilansir Liputan6 mengatakan bahwa penyakit yang muncul dimusim hujan biasanya disebabkan oleh bakteri dan parasit terlebih didaerah rawan banjir. Saat banjir, kuman dari “septic tank” dan kotoran hewat terbawa hanyut oleh arus air sehingga bisa mengkontaminasi bahan-bahan pangan, sumber air minum, maupun langsung menginfeksi manusia.
Baca selengkapnya »

No comments:

Post a Comment